Batik Tegal Motif Kacang Tukul

0 203

Batik Tegal Motif Kacang Tukul

Produksi Batik Tegalan pada umumnya dilakukan masyarakat secara kecil-kecilan dalam industri rumah tangga. Jumlah produksi pun biasanya didasarkan pada pesanan. Kapasitas produksi yang terbatas, disamping popularitasnya yang belum massif membuat Batik Tegal baru beredar pada pasar lokal dan regional serta penjualan secara perorangan. Sekarang ini Batik Tulis Tegal terancam kehilangan generasi, karena sebagian besar generasi muda di sana memilih bekerja ke Jakarta sebagai pedagang atau penjaga warteg.

Biasanya yang masih mau membatik hanya perempuan-perempuan yang sudah menikah dan punya anak, kalau masih gadis, mereka memilih merantau. Selain itu juga karena pendapatan pembuat Batik Tegal semakin tidak memadai. Pasalnya, harga bahan baku semakin mahal, sementara harga jual kain batik tidak mengalami kenaikan. Padahal, waktu pembuatannya sangat lama. Rata-rata dalam sehari menghabiskan waktu empat hingga enam jam untuk membatik. Selama ini, sebagian pembatik masih tergantung pada pedagang batik.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kacang Tukul. Dikatakan motif kacang tukul karena warna coklat muda yang tersebar sebagai warna dasar motif ini, dibuat satu per satu seperti kacang yang baru tumbuh (tukul). Di atasnya digambarkan motif burung dan dedaunan berwarna merah dan coklat tua.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...