Batik Tegal Motif Jahenan

0 67

Batik Tegal Motif Jahenan

Batik Tegalan sudah dikenal berabad lamanya di kota – kota besar di Indonesia. Pada masa lalu Tegal pernah menjadi sentra batik sezaman dengan Pekalongan. Menurut penuturan Ibu Nur Anisa Amini (salah seorang pemerhati sekaligus pelaku usaha batik Tegalan), Tegal pada masa lalu merupakan daerah pemasok batik bagi Pekalongan. Batik Tegalan waktu itu sudah dipasarkan oleh para pengrajin sampai ke luar daerah, antara lain ke Jawa Barat. Mereka inilah yang menurut sejarah kemudian mengembangkan batik di Tasikmalaya dan Ciamis, di samping pendatang-pandatang lainnya dari kota-kota batik di Jawa Tengah.

Perkembangan Batik Tegalan sempat mengalami pasang surut, pada waktu krisis ekonomi melanda dunia kegiatan pembatikan di Tegal ikut lesu dan baru bangkit kembali sekitar tahun 1934. Dan ketika Jepang masuk ke Indonesia pembatikan di daerah Tegal sempat mati lagi, namun kini batik Tegalan tengah bangkit kembali seiring dengan tren batik yang sedang berkembang. Saat ini berbagai upaya sedang dilakukan untuk mempopulerkan kembali batik khas Tegalan. Salah satunya yaitu seperti yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tegal yang tengah mengupayakan agar para pembatik melakukan pewarnaan batik dengan menggunakan pewarna alam seperti apa yang pernah dilakukan oleh para pembatik pada masa-masa awal perkembangan Batik Tegalan. Salah satu motif batik yang dibuat dan ikut dipopulerkan adalah Motif Jahenan.

Pembuatan Motif Batik Jahenan terinspirasi dari palawija yang bisa dibuat menjadi motif yang apik oleh masyarakat Tegal melalui daya kreatifitas mereka. Jahe yang banyak ditanam oleh masyarakat dituangkan menjadi sebuah motif yang unik. Perpaduan antara warna coklat, hitam dan biru membuat motif ini terlihat cerah saat dipakai. Background yang diberi isen-isen menciptakan kesan tradisional.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/ http://pelangiilmu99.blogspot.co.id/2015/09/batik-tegalan.html
Comments
Loading...