Batik Tegal Motif Gurdo

0 248

Batik Tegal Motif Gurdo

Batik Tegal atau biasa disebut batik tegalan dapat dikenali dari corak gambar atau Motif Rengrengan besar atau melebar. Motif ini tak dimiliki daerah lain sehingga tampak eksklusif. Isen-isen agak kasar terinspirasi dari flora dan fauna lingkungan sekitar dipadukan dengan warna spesifik yang lembut atau kontras. Warna lembut dan kontras adalah motif batik gaya pesisiran, ini memunculkan kesan tegas dan lugas seperti karakter masyarakat Tegal.

Batik Tegal memiliki makna dan filosofi tertentu,salah satunya  Motif Gurdo, sebagai penggambaran panji-panji garuda dan kebesaran yang dibawa oleh kelompok Amangkurat I dalam perjalanan pelariannya. Berdasarkan cerita rakyat adanya panji-panji ini menyebabkan timbulnya keinginan untuk membuat motif batik tulis Tegalan. Batik ini memiliki warna terang yang mempertontonkan bentuk-bentuk sayap burung garuda.

Bukan saja motif dan coraknya yang berbeda dari batik kota-kota lain, namun prilaku pembatik juga cukup menarik. Dulunya mereka membuat batik hanya untuk kebutuhan keluarga, terutama bila akan mempunyai hajat seperti perkawinan dan sunatan. Batik merupakan sumbangan yang berharga bagi acara-acara penting dalam keluarga. Mereka secara tidak sadar memposisikan batik sebagai hasil karya seni yang nilainya tidak terukur.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...