infobatik.id

Batik Tegal Motif Glondahan

0 37

Batik Tegal Motif Glondahan

Batik yang berasal dari Kota Tegal atau sering dikenal Batik Tegalan kini makin banyak populer dan makin diminati. Hal ini juga tidak terlepas dari upaya Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tegal yang terus mendorong memajukan usaha batik di Tegal. Jika dilihat dari motif dan corak, Batik Tegal memiliki motif dan corak yang tidak kalah dengan Batik Pekalongan, Batik Solo maupun Batik Jogja.

Batik Tegalan sendiri dikenal dengan motif batik klasik dengan motif yang lebih tegas yang mencerminkan karakter orang pesisir. Batik tegalan memiliki kemiripan dengan batik Madura dari ketegasan motif, tetapi batik tegalan ini lebih luwes dalam gerakan cantingnya. Bahan yang digunakan untuk pewarna batik tulis tegal menggunakan bahan-bahan alami antara lain menggunakan pewarna dari  soga kayu, mengkudu, dan nila. Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin batik yang ada di Kota Tegal adalah Motif Glondahan.

Batik Tegal Motif Glodahan adalah motif lingkaran-lingkaran dengan bentuk godongan dan pacitan yang berbeda-beda. Pembuatan pacitan pada masing-masing lingkarannya tidak seragam misalnya ada lingkaran dengan pacitan semut runtung, klabangan, beras mawur, buntut bajing dan lain-lain.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ http://bahankain.com/2015/05/27/mengenal-batik-tegal-batik-tegalan/
Comments
Loading...