Batik Tegal Motif Daun Sirih

0 252

Batik Tegal Motif Daun Sirih

Produksi Batik Tegalan pada umumnya dilakukan masyarakat secara kecil-kecilan dalam industri rumah tangga. Jumlah produksi pun biasanya didasarkan pada pesanan. Kapasitas produksi yang terbatas, disamping popularitasnya yang belum massif membuat batik Tegal baru beredar pada pasar lokal dan regional serta penjualan secara perorangan.

Saat ini, Batik Tulis Tegal terancam kehilangan generasi, karena sebagian besar generasi muda di sana memilih bekerja ke Jakarta sebagai pedagang atau penjaga warteg. Biasanya yang masih mau membatik hanya perempuan-perempuan yang sudah menikah dan punya anak, kalau masih gadis, mereka memilih merantau. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Daun Sirih.

Daun sirih biasanya digunakan untuk nginang, diubah menjadi sebuah motif yang indah. Warna dasar motif ini adalah merah. Dibuat dengan menggunakan canting dan sedikit demi sedikit terbentuk motif daun-daun sirih. Dipadukan dengan bunga melati dan daun yang berbentuk gelombang.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/10/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-4/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...