Batik Tegal Motif Bunga Tulip

0 395

Batik Tegal Motif Bunga Tulip

Jika di daerah lain nama jenis batik ditentukan dari ragam hias utamanya, maka penamaan motif batik Tegalan sebagian besar justru berdasarkan motif latarnya. Bukan saja motif dan coraknya yang berbeda dari batik kota-kota lain, namun prilaku pembatik juga cukup menarik. Dulunya mereka membuat batik hanya untuk kebutuhan keluarga, terutama bila akan mempunyai hajat seperti perkawinan dan sunatan.

Batik merupakan sumbangan yang berharga bagi acara-acara penting dalam keluarga. Mereka secara tidak sadar memposisikan batik sebagai hasil karya seni yang nilainya tidak terukur. Satu hal lagi yang membedakan Batik Tegalan dengan batik daerah lainnya adalah penggunaan jenis cantingnya. Beberapa daerah lain, misalnya Solo dan Yogyakarta menggunakan bermacam-macam canting, dari canting lengkrengan yang bercorong besar, canting isen-isen yang diameter corongnya sedikit lebih kecil, hingga canting bercorong tujuh yang memungkinkan membuat lengkungan-lengkungan dengan jarak yang sama.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Bunga Tulip. Perpaduan antara background hitam dengan warna hijau godong serta warna putih bunga tulip terlihat sangat serasi. Dikombinasikan dengan motif burung yang sedang mengepakkan sayap dan teratai yang bermekaran menambah asri corak bunga tulip. Motif godongan dibuat menyebar dan seperti rumput, menciptakan kesan teduh dan alami.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...