Batik Tegal Motif Belah Ketupat

0 118

Batik Tegal Motif Belah Ketupat

 Masyarakat Tegal pada awalnya membuat batik hanya untuk keperluan keluarga saja. Pada masa lalu kain batik biasa dipakai sebagai pakaian bagian bawah oleh para wanita  (kain tapih) dan sebagai kain selendang yang dipakai untuk mengendong bayi atau mengendong barang bawaan.

Penggunaan istilah kain panjang dalam strata Jawa dikenal juga dalam bahasa halus nyampingyang berarti kain batik yang dikenakan bangsawan, sedangkan tapih, adalah kain batik folklore yang dikenakan masyarakat biasa. Kain batik juga dijadikan sebagai bingkisan atau sumbangan untuk kerabat yang sedang mengadakan hajatan seperti sunatan atau pernikahan. Kegiatan membuat batik bagi mereka hanya untuk mengisi waktu luang disaat mereka tidak ada pekerjaan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Belah Ketupat.

Batik Tegal Motif Belah Ketupat berbentuk dua buah segitiga yang membetuk belah ketupat sedangkan masing-masing segitiga memiliki pacitan yang berbeda-beda. Pembuatan pacitan pada masing-masing segitiga yang membentuk belah ketupat berupa: buntut bajing, gabahan, cecek awe-awe, sawud rentet dan lain-lain. Sedangkan pembuatan godongan hanya sebagai penyatu yang dibuat diantara/ perbatasan segitiga satu dan lainnya yang berbentuk daun dan bunga.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ http://pelangiilmu99.blogspot.co.id/2015/09/batik-tegalan.html
Comments
Loading...