Batik Tegal Motif Bambu

0 189

Batik Tegal Motif Bambu

Batik Tegal dengan warna dasar kain hitam dan putih yang didominasi warna coklat dan biru. Ciri khas lain Batik Tegalan adalah berwarna-warni. Batik Tegal atau biasa disebut Batik Tegalan dapat dikenali dari corak gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif ini tak dimiliki daerah lain sehingga tampak eksklusif. Isen-isen agak kasar terinspirasi dari flora dan fauna lingkungan sekitar dipadukan dengan warna spesifik yang lembut atau kontras.

Warna lembut dan kontras adalah motif batik gaya pesisiran, ini memunculkan kesan tegas dan lugas seperti karakter masyarakat Tegal. Jika di daerah lain nama jenis batik ditentukan dari ragam hias utamanya, maka penamaan motif batik Tegalan sebagian besar justru berdasarkan motif latarnya. Dalam perkembangannya, batik Tegalan dapat dibedakan dalam dua motif dasar, yakni motif klasik dan motif pengembangan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Bambu.

Pembuatan Batik Tegal Motif Bambu menggunakan warna dasar biru tua. Motif Bambu menyimbolkan kehidupan masyarakat Tegal yang saling mengayomi, sehingga tercipta suasana yang mbetahi (nyaman). Dikombinasi dengan Motif Bunga Mawar Putih Mekar, semakin memperkuat Motif Bambu berwarna putih.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/
Comments
Loading...