Batik Tegal Motif Angin Mendaru

0 180

Batik Tegal Motif Angin Mendaru

Para perajin batik di Tegal telah menggeluti batik secara turun-temurun. Awalnya bahan pewarna yang dipakai waktu itu berasal dari pewarna alam yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, misal pace/mengkudu, nila, soga kayu dan bahan kainnya juga tenunan sendiri. Warna Batik Tegal pertama kali ialah sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik, dan kemudian meningkat menjadi warna merah dan biru. Adajuga Batik Tegal dengan warna dasar kain hitam dan putih yang didominasi warna coklat dan biru. Ciri khas lain Batik Tegalan adalah berwarna-warni.

Batik Tegal dapat dikenali dari corak gambar atau motif rengrengan besar atau melebar. Motif ini tak dimiliki daerah lain sehingga tampak eksklusif. Isen-isen agak kasar terinspirasi dari flora dan fauna lingkungan sekitar dipadukan dengan warna spesifik yang lembut atau kontras. Salah satu motif batik adalah Motif Angin Mendaru.

Dikatakan Motif Angin Mendaru karena bentuk buntut bajing yang panjang dibuat setengah melingkar seperti tersapu angin dan dibuat berwarna biru dan hitam. Ditengahnya diberi isen-isen yang tertata rapi. Dasarnya berwarna coklat bergelombang kecil dan menyambung satu sama lain, melintang dari salah satu arah.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-3/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...