Batik Tegal Motif Ambringan Merah

0 181

Batik Tegal Motif Ambringan Merah

Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah dimana letaknya dianggap strategis, karena berada di jalur pantura dan terletak di antara jalur Jakarta-Surabaya maupun Jakarta-Solo. Letaknya yang strategis membuat Kabupaten Tegal memiliki beraneka ragam budaya, baik budaya asli maupun budaya serapan yang dibawa oleh para musafir. Salah satu budaya yang hingga kini masih bertahan yaitu batik tulis tegal. Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa dalam pembuatan karya tulis ini penulis meneliti dua sentra batik yang ada di Kabupaten Tegal, yaitu di Desa Bengle dan Desa Dukuh Salam.

Para perajin batik yang ada di Tegal telah menggeluti batik secara turun-temurun. Awalnya bahan pewarna yang dipakai waktu itu berasal dari pewarna alam yang bisa didapat dari lingkungan sekitar, misal pace/mengkudu, nila, soga kayu dan bahan kainnya juga tenunan sendiri. Warna batik Tegal pertama kali ialah sogan dan babaran abu-abu setelah dikenal nila pabrik, dan kemudian meningkat menjadi warna merah dan biru. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Ambringan Merah. Batik Tegal Motif Ambringan merah memiliki warna dasar merah jambu, di atasnya diberi motif berbagai macam bunga berwarna-warni. Dedaunan dibuat berwarna-warni, seperti biru, hijau, merah dan putih.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-2/ http://batik.or.id/sejarah-batik-tegal/
Comments
Loading...