Batik Tegal Motif Alimahan

0 184

Batik Tegal Motif Alimahan

Batik Tegal atau biasa disebut dengan Batik Tegalan dapat dikenali dari corak gambar atau motif rengrengan besar atau melebar yang terdapat pada desain batik. Motif ini tidak dimiliki oleh daerah lain sehingga tampak eksklusif. Isen-isen agak kasar terinspirasi dari flora dan fauna lingkungan sekitar dipadukan dengan warna spesifik yang lembut atau kontras.

Warna lembut dan kontras adalah motif batik gaya pesisiran, ini memunculkan kesan tegas dan lugas seperti karakter masyarakat Tegal. Jika di daerah lain nama jenis batik ditentukan dari ragam hias utamanya, maka penamaan motif batik Tegalan sebagian besar justru berdasarkan motif latarnya (kecuali beberapa motif keratonan). Salah satu motif batik yang dibuat oleh perajin adalah Motif Batik Alimahan.

Batik Tegal Motif Alimahan pada dasarnya berupa motif daun yang sarat dengan isen-isen. Sedangkan pacitannya (dasarnya) berupa gabahan (padi yang masih menempel pada tangkainya). Penggarapan bentuk motif ini sebenarnya hanya ada 4 macam bentuk daun, tetapi pembuatan isen-isen dan warna daun tersebut berbeda-beda sehingga kelihatannya bentuk daunnya dibuat bermacam-macam.

Source https://infotegal.com/ https://infotegal.com/2013/09/galeri-motif-batik-tegalan-bagian-1/ https://fitinline.com/article/read/batik-tegal/
Comments
Loading...