Batik Tegal dengan Motif Geometris

0 247

Batik Tegal dengan Motif Geometris

Motif batik Tegal juga memiliki unsur-unsur dalam bentuk proporsi, warna, serta garis yang diekspresikan dalam bentuk motif, pola dan ornamen yang penuh dengan makna simbolis spiritual dan falsafah hidup manusia yang mereka hayati. Keindahan yang ditampilkan merupakan wujud dari penggabungan dari unsur-unsur tersebut.

Secara teknis pembuatan motif geometris memerlukan waktu lebih banyak karena hampir semua unsur garis diganti dengan rangkaian titik-titik atau jenis isian (isen) yang lainnya. Pada umumnya motif geometris diterapkan pada kemeja namun ada juga diterpkan sebagai kain panjang. Pada pemakaiannya kain ini tidak digunakan secara khusus untuk kegiatan ritual ataupun upacara keagamaan. Tidak ada aturan khusus bagi penggunaanya, siapapun boleh mengenakan batik dengan motif geometris.

Latar belakang perancangan motif geometris ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menghendaki motif geometris. Golongan motif geometris tersebut diantaranya adalah: udang-udangan, sidamukti kuku macan, sida mukti rantai, parang daun, kawung jenggot, dan kademakan. Beberapa motif geometris ini menjadi ornamen utama yang diisi dengan motif tumbuhan (flora) dan hewan (fauna).

Source http://eprints.uny.ac.id/38064/1/Krismawan%20Adi%20S_07206244021.pdf
Comments
Loading...