Batik Tanjungbumi Mampu Bertahan Ratusan Tahun

0 167

Batik Tanjungbumi Mampu Bertahan Ratusan Tahun

Masyarakat yang tinggal di Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, boleh berbangga. Sebab, dari daerah inilah konon asal Batik Tanjungbumi yang banyak dicari turis mancanegara. Selain itu, batik yang awet sampai ratusan tahun ini disebut-sebut menjadi cikal bakal semua motif batik khas Madura. “Daerah kami adalah asal muasal tradisi batik di Madura,” kata Siti Syamsiah Achmadi salah seorang pembatik Tanjungbumi, baru-baru ini.

Proses pembuatan pada Batik Tanjungbumi tergolong sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama serta ketelitian yang tinggi. Untuk menghasilkan selembar kain, dibutuhkan waktu tiga bulan hingga satu tahun. Di samping itu, bahan warna yang digunakan pun masih tradisional. Karena itu, jika perawatan dilakukan tanpa menggunakan zat kimia, Batik Tanjungbumi dapat bertahan hingga 150 tahun.

Siti menjelaskan, di daerah ini terdapat beberapa motif batik tertua, yakni Ramok, Tasikmalaya, Sebar Jagab, Rumput Laut, Okel, dan Panji Lintrik. Selain itu, terdapat juga 50 motif lain yang berasal dari pengembangan motif dasar. Kini, seiring berjalannya waktu, hadir pula perpaduan Motif Batik Tanjungbumi dan Solo serta Pekalongan.

Source http://www.liputan6.com/ http://news.liputan6.com/read/41111/batik-tanjungbumi-mampu-bertahan-ratusan-tahun
Comments
Loading...