Batik Tancep Gunung Kidul Tembus Eropa

0 133

Batik Tancep Gunung Kidul Tembus Eropa

Batik bermotif asli dari Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, semakin diminati oleh pasar nasional dan internasional, salah satunya adalah Batik Tancep yang mampu menembus pasar Eropa dan Singapura. “Batik Tancep merupakan batik asli kreasi perajin batik Gunung Kidul. Motif batik ini sudah menembus pasar Eropa dan Singapura. Batik ini pun menjadi pakaian wajib bagi pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah hingga sekolah,” kata Ketua Paguyuban Pembatik Gunung Kidul Baru Sayang Diputra.

Permintaan pasar dalam negeri dan internasional tiap bulan mencapai Rp. 100 juta. Omzet batik ini belum termasuk saat libur nasional yang selalu mengalami peningkatan antara 10 hingga 30 persen. Omzet batik antara Agustus hingga Desember ini mengalami peningkatan yang signifikan yakni mencapai Rp150 juta per bulan. Hal ini karena permintaan luar negeri, khususnya dari Eropa terus meningkat, khususnya batik dengan pewarnaan alam.

Motif yang beragam juga menjadi keunggulan batik tulis tancep, beberapa motif tersebut di antaranya sekar jagad, gajah birowo, galaran perahu, sekar kanthil, sekar jagad dan babon angrem. Motif-motif tersebut merupakan motif pakem keluaran dari keraton. Batik tulis tancep berbahan dasar khusus seperti primisima dan mori sanforized ini sehingga batik ini semakin diminati berbagai macam kalangan.

Source http://www.republika.co.id/ http://republika.co.id/berita/ekonomi/mikro/12/12/06/melnjo-keren-batik-tancep-gunung-kidul-tembus-eropa
Comments
Loading...