Batik Sutra Tulis

0 264

Batik Sutra Tulis

Salah satu jenis kain batik dengan harga yang cukup tinggi adalah kain batik dengan bahan dasar sutra. Untuk dapat membuat batik dengan menggunakan kain sutra diperlukan teknik pembuatan yang sedikit agak berbeda untuk dapat menghasilkan kain sutra batik yang memiliki kualitas sangat istimewa. Teknik membuat kain batik dengan bahan sutra sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembuatan batik lainnya. Beberapa hal yang berbeda hanya terletak pada bahan dasar kain yang dipakai dan juga proses ketika pelorodan untuk menghilangkan malam. Kain batik dengan bahan sutra ini banyak menjadi incaran para masyarakat karena bahan ini merupakan bahan yang sangat berkualitas, sangat lembut, dingin, dan nyaman untuk dipakai. Penggunaan kain sutra sebagai bahan dasar pembuatan batik itu sendiri akan lebih membuat warna yang ada pada kain batik itu lebih terpancar  sehingga membuat pemakai baju batik ini menjadi terlihat lebih anggun.

Pembuatan Batik Sutra ini dapat dilakukan dengan berbagai teknik batik, baik itu teknik batik tulis, batik cap, atau ada juga yang dibuat dengan teknik batik printing. Pada kesempatan kali ini kita akan membahan pembuatan kain batik sutra dengan teknik batik tulis. Proses pembuatan kain batik ini pada umumnya hampir sama dengan cara yang dilakukan ketika menggunakan kain biasa atau kain mori. Hal pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan segala benda yang dibutuhkan dalam pembuatan kain batik ini seperti kain sutra, alat canting tulis, gawangan, malam kemudian kompor dengan wajan dan juga bahan untuk memberi warna kain batik tersebut. Tahap pertama yang dilakukan adalah memberikan pola pada kain sutra tersebut.

Pola yang dipakai sangat bergantung kepada seniman pembuat batik tersebut dan sesuai dengan selera yang mereka punya. Pembuatan pola ini pada umumnya menggunakan pensil dan setelah selesai maka akan dilanjutkan dengan pemberian malam dengan menggunakan canting. Proses selanjutnya masih seperti pada pembuatan batik tulis pada umumnya yaitu menutupi bagian tertentu pada permukaan kain batik tersebut dengan malam untuk dilanjutkan dalam proses pemberian warna. Setelah proses pemberian warna selesai maka tahapan selanjutnya adalah menghilangkan lapisan malam dengan cara direbus dengan air panas. Setelah proses ini selesai maka kain batik tersebut siap untuk dipakai.

Source Batik Sutra Tulis Batik
Comments
Loading...