Batik Sutera Andis, Identitas Khas Malang Yang Mendunia

0 58

Batik Sutera Andis, Identitas Khas Malang Yang Mendunia

Sejak batik secara resmi diakui oleh UNESCO sebagai budaya tak benda pada 2 Oktober 2009. Batik tumbuh menjadi komoditi industri kelas wahid. Semenjak itu pula produk batik dilirik para konsumen baik domestik maupun mancanegara.

Salah satunya adalah batik sutera Andis atau Batik Druju yang terletak di lembah perbukitan gunung kapur Malang Selatan, tepatnya di dusun Wonorejo, Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Sejak tahun 1996, produk batik sutera yang bernama Andis ini mampu menjejak hingga pasar Dunia.

Pendiri sekaligus pemilik batik Andis yaitu Sumardiyanti. Usaha kerajinan batik Andis ini berangkat dari kecintaannya terhadap busana batik. Serta keinginannya untuk membuat sesuatu yang bisa menjadi identitas bagi daerah asalnya, Druju. Hingga akhirnya muncul niat untuk memulai usaha memproduksi batik dari katun maupun sutera.

Ciri khas batik Druju ini adalah dari motif batik yang menyambung dari bagian depan hingga ke bagian belakang. Motif yang menyambung itu karena kain dijahit menjadi pakaian terlebih dahulu baru kemudian dibatik. Produk batik dengan motif menyambung yang diproduksi ini hanya satu-satunya di Indonesia bahkan dunia.

Produk batik biasanya dibuat lembaran baru dijahit menjadi pakaian. Selain itu ciri khas lainnya identik dengan warna-warna yang pekat. Sumardiyanti memproleh keahlian membatik secara otodidak. Ia bersama suaminya Eddi Subagio, berhasil membesarkan dan mempopulerkan produk batik Druju.

Buktinya produk batik Druju berhasil menembus pasar internasional, diantaranya Italia, Jerman, Amerika, Singapura, dan Malaysia. Ada sekitar 500 motif yang terlahir dari buah pemikiran mereka (Antik dan Eddi). Diantaranya adalah motif pantai yang letaknya tak jauh dari desa Druju, yakni Sendang Biru dan Balekambang. Selain itu ada motif floral, dan binatang. Mereka pun memiliki motif andalan, yakni motif seribu mimpi.

Jika hendak berwisata ke pantai Sendang Biru atau pulau Sempu di Malang Selatan dan penasaran dengan batik Andis, maka sempatkanlah mampir ke rumah produksinya. Sebab, lokasinya satu arah perjalanan menuju pantai tersebut, kurang lebih sekitar 20 km sebelum pantai Sendang Biru.

Di dalam rumah produksinya ini anda bisa melihat proses pembuatannya sekaligus membeli batik. Pasalnya, rumah yang berdiri di atas tanah seluas 1 hektar tersebut oleh Antik dijadikan tempat tinggal sekaligus galeri atau butik dan proses pembuatan batik. Lalu, bergeser ke bagian belakang rumah, digunakan untuk proses pewarnaan, perendaman, pencucian, penjemuran, pembuatan motif, dan pembuatan baju.

Bahan baku Batik Andis terbuat dari kain kualitas terbaik seperti Sutera Sifon, Sutera Satin, hingga Sutera ATBM. Ada juga yang terbuat dari kain katun. Disamping itu Batik Andis juga memproduksi batik cap. Kisaran harga Batik Andis dibanderol mulai Rp 300 ribu hingga Rp 35 juta per potong.

Source http://ulinulin.com/ http://ulinulin.com/posts/batik-sutera-andis-identitas-khas-malang-yang-mendunia
Comments
Loading...