Batik Sukabumi Motif Puzzle

0 212

Berkembangnya batik di Provinsi Jawa Barat mendapat pengaruh yang kuat dari penduduk yang datang dari Jawa Tengah. Saat terjadi perang Diponegoro melawan Belanda, terjadilah pengungsian para penduduk ke wilayah barat sekitar tahun 1825. Sebagian pengungsi tersebut adalah para pembatik Banyumas yang kemudian memberi pengaruh pada batik yang telah berkembang di Jawa Barat. Di Provinsi Jawa Barat terdapat daerah pembatikan lama yaitu Tasikmalaya, Indramayu, Ciamis, Garut dan Cirebon. Untuk daerah Sukabumi termasuk daerah pembatikan baru. Sukabumi menginisiasi motif baru yang berasal dari ciri khas daerah tersebut. Kabupaten Sukabumi beberapa tahun terakhir menunjukkan eksistensinya dalam pengembangan batik. Batik Sukabumi mulai muncul atas bantuan Dekranasda Kabupaten/Kota dan promosinya diintegrasikan dalam promosi wisata daerah. Salah satu motif yang terkenal di Sukabumi adalah Motif Puzzle.

Motif Puzzle

Motif Puzzle merupakan sebuah ide dan pengharapan yang memiliki nilai dasar yang mengandung arti melambangkan dari persatuan dan kesatuan dari yang tadinya hal tercecer-cecer bisa dipersatukan dan diperkuat, dari yang sudah merapat semakin diperkuat. Seperti yang terdapat di dalam pancasila ke 3. Motif puzzle biasanya bermotifkan kujang, daun teh, bulet (nol atau mochi), dan segi tiga. Batik ini biasa dikerjakan dengan teknik cap maupun tulis.

Upaya Pemerintah setempat untuk melestarikan Batik Sukabumi ini yaitu mewajibkan PNS di Kota Sukabumi mengenakan Batik khas Sukabumi pada hari tertentu. Melakukan pengembangan motif dengan diadakannya lomba desain Batik Sukabumi. Mengadakan pelatihan membatik untuk generasi muda agar mengenal dan mencintai batik.

Source Batik Sukabumi Motif Puzzle Batik Sukabumi
Comments
Loading...