Batik Sukabumi Motif Kujang Kencana atau Kujang Cantel

0 340

Batik telah berkembang sejak puluhan tahun silam di Sukabumi. Keberadaannya mulai meredup seiring terputusnya regenerasi pengrajin batik di daerah Sukabumi. Namun, saat memasuki tahun 2011, usaha batik di Sukabumi kembali bergeliat. Sekarang Kota Sukabumi tidak hanya dikenal sebagai Kota Mochi, tapi lambat laun dikenal sebagai kota batik. Salah satu motif batik Sukabumi yang khas adalah Motif Kujang Kencana atau Kujang Cantel.

Motif Kujang Kencana atau Kujang Cantel

Motif Kujang Kencana atau Kujang Cantel memiliki makna yang sangat menarik dan sakral. Dalam Wacana dan Khasanah Kebudayaan Nusantara, Kujang diakui sebagai senjata tradisional Masyarakat Jawa Barat (Sunda) dan Kujang dikenal sebagai senjata yang memiliki nilai sakral serta mempunyai kekuatan magis. Beberapa peneliti menyatakan bahwa istilah Kujang berasal dari kata Kudihyang dengan akar kata Kudi dan Hyang.

Kudi diambil dari bahasa Sunda Kuno yang artinya senjata yang mempunyai kekuatan gaib sakti, sebagai jimat, sebagai penolak bala, misalnya untuk menghalau musuh atau menghindari bahaya/penyakit. Senjata ini juga disimpan sebagai pusaka, yang digunakan untuk melindungi rumah dari bahaya dengan meletakkannya di dalam sebuah peti atau tempat tertentu di dalam rumah atau dengan meletakkannya di atas tempat tidur. Sedangkan Hyang dapat disejajarkan dengan pengertian Dewa dalam beberapa mitologi, namun bagi masyarakat Sunda Hyang mempunyai arti dan kedudukan di atas Dewa.

Batik Sukabumi diharapkan akan menembus pangsa pasar nasional bahkan internasional. Selain memiliki kualitas yang bagus juga memiliki motif yang berbeda dengan batik lainnya.

Source Batik Sukabumi Motif Kujang Kencana atau Kujang Cantel Batik Sukabumi
Comments
Loading...