Batik Sukabumi Motif Julang

0 306

Batik Sukabumi memiliki warna dan corak yang unik dan berbeda dengan daerah yang lain. Warna batik Sukabumi amat populer dan dikenal baik oleh penduduk Sukabumi sendiri ataupun luar kota bahkan hingga ke luar negeri. Salah satu sentra produsen batik Sukabumi, yang berada di jalan Kenari 2 no. 4 RT 01 RW 04 Sukabumi, terdapat bermacam macam pilihan corak atau motif. Corak Batik Sukabumi yg tersedia di sini diambil berasal sekian banyak ciri kha salah satunya Motif Julang.

Motif Julang

Batik Sukabumi Motif Julang proses pembuatannya terinspirasi dari burung julang, yaitu burung pemakan buah-buahan, kepiting dan katak yang memiliki habitat di hutan dataran rendah atau perbukitan, yang diceritakan burung yang mempunyai daya semangat tinggi dan pantang menyerah, ketika burung julang terbang untuk mencari sumber air dia tidak akan berhenti sebelum apa yang dicari ditemukan, lebih baik mati terbang di udara ketimbang turun kedarat tetapi belum berhasil menemukan sumber air. Kegigihan burung julang inilah yang kemudian digunakan sebagai rupa iket julang ngapak yang digunakan oleh lengser. Seperti diketahui lengser adalah sosok yang mumpuni dalam ilmu pengetahuan sehingga dijadikan penasihat ketekunan dan keahlian mencari ilmu, inilah yang diharapkan ada disetiap insan masyarakat kota Sukabumi.

Filosofi dari Motif Julang adalah setiap manusia harus memiliki daya semangat untuk mencari sumber air dan tidak boleh pantang menyerang. Kehidupan manusia juga harus disertai dengan daya semangat yang tinggi dan pantang menyerah mencari sumber, sumber yang dimaksud yaitu ilmu pengetahuan, kebenaran, jati diri sebelum mencapai sesuatu yang diinginkan.

Source Batik Sukabumi Motif Julang Filosofi Batik
Comments
Loading...