Batik Sukabumi Motif Gurilaps

0 254

Proses pembuatan batik Sukabumi menggunakan teknik tulis dan cap. Pewarnaan yang digunakan dengan warna yang sangat beragam. Motif yang dihasilkan sangat unik dan menarik serta mencirikhaskan daerah Sukabumi yang diambil dari alam dan satwa. Penentuan motif batik khas Sukabumi diambil dari potensi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat Sukabumi. Setiap motif memiliki filosofi, makna serta sumber ide yang berbeda-beda, misalnya Motif Gurilaps.

Motif Gurilaps

Batik Gurilaps ini singkatan dari gunung, rimba, laut, pantai dan sungai. Dimana Kota Sukabumi memiliki pantai seperti pantai Pelabuhan Ratu dan Cibuaya. Sedangkan untuk diambil dari sungi Citarik yang sudah menjadi tempat wisata di Sukabumi. Rimbah di daerah Situgunung, Halimun dan masih banyak lagi. Dari situlah kemudian batik Gurilaps ini tercipta yang diambil dari potensi alam Kota Sukabumi.
Filosofi motif Guripals yaitu gunung yang memiliki arti kokoh yang dimana di ibaratkan hati yang harus selalu teguh pada pendirian yang tahan oleh tiupan angin, Laut diibaratkan sifat yang tidak putus asa dimana air laut akan datang dan pergi menghampiri untuk membasahi anda, dengan kata lain seseorang harus mempunyai sifat tidak putus asa untuk menggapai sesuatu. Sungai mengalir berasal dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang lebih rendah dalam setiap alirannya sungai melewati bebatuan dan ranting-ranting. Selama perjalanan air yang deras berubah menjadi perlahan mendekat ke muara semakin tentang sampai tak ada suara air yg terdengar begitu juga dengan kehidupan manusia, berasal dari sang pencipta dan diberi nafas kehidupan pada awal kehidupan kita tidak akan begitu banyak memiliki masalah, lalu pada satu titik bebatuan tersebut mulai menghilang dari kehidupan kita. kehidupan kita menjadi lebih tenang
Source Batik Sukabumi Motif Gurilaps Batik Motif
Comments
Loading...