Batik Sukabumi Motif Elang Jawa Situgung

0 359
Batik merupakan citra budaya karya bangsa Indonesia yang mencirikan kerumitan dan kehalusan ragam hias yang tumbuh melalui goresan canting yang dilukiskan. Karena mempunyai seni tinggi. Seni batik telah ada di Indonesia sejak abad 18. Batik juga merupakan identitas yang telah melekat bagi masyarakat Indonesia, berkat keunikan dan keanekaragaman jenis dan motif yang ada. Batik pun telah tersebar luas di wilayah Indonesia dengan ciri khasnya masing masing termasuk batik Sukabumi yang dihasilkan sangat unik dan menarik serta mencirikhaskan daerah Sukabumi yang diambil dari alam dan satwa. Penentuan motif batik khas Sukabumi diambil dari potensi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat Sukabumi. Motif Elang Jawa Situgung merupakan salah satu motif batik di Sukabumi.

Motif Elang Jawa Situgung

Batik Sukabumi Motif Elang Jawa Situgung dibuat dengan terinspirasi dari elang Jawa yang gagah perkasa dan menjadi raja di udara yang itu artinya batik ini bisa diharapkan merajai industri batik agar bisa lebih dikenal lebih luas. Elang Jawa yaitu salah satu spesies elang berukuran sedang yang endemik di Pulau Jawa khususnya di kawasan Gunung Gede Pangrango. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Dan sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.

Filosofi batik Sukabumi motif Elang Jawa Situgung adalah kehidupan kadang harus melakukan suatu keputusan yang sangat berat untuk memulai sesuatu proses perubahan. Kita harus berani membuang semua kebiasaan lama, meskipun itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Kita harus rela  untuk meninggalkan sesuatu yang lama agar kita dapat mulai terbang dan menggapai tujuan yang dan lebih baik di masa depan.

Source Batik Sukabumi Motif Elang Jawa Situgung Filosofi Batik
Comments
Loading...