Batik Sukabumi Motif Daun Sirih “Ngeuyeuk Seureuh”

0 301

Motif Daun Sirih “Ngeuyeuk Seureuh”

Batik Sukabumi Motif Daun Sirih Ngeyeuk Seureuh juga memiliki filosofi yang unik. Sirih konon dulu melambangkan sifat rendah hati, memberi, serta senantiasa memuliakan orang lain. Makna ini ditafsirkan dari cara tumbuh sirih yang memanjat pada para-para, batang pohon sakat atau batang pohon api-api tanpa merusak batang atau apapun tempat sirih hidup. Dalam istilah biologi disebut simbiosis komensalisme. Daun sirih yang lebat dan rimbun memberi keteduhan di sekitarnya. Jadi sirih ini merupakan simbol dari harapan untuk menjadi manusia yang selalu rendah hati dan meneduhkan layaknya sirih.

Motif yang terkandung dalam daun sirih menandakan bahwa kehidupan ini berawal dari sebab awal tanpa sebab awal sebab kedua, ketiga dan seterusnya tidak akan pernah ada begitupun kita. Itu bisa dilihat dari tumbuhnya yang menjulang atau memanjat pada para-para yang mengartikan selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari motifnya daun sirih yang kecil-kecil ada 3, 4 dan 5 menggambarkan makna spiritual seperti 3 berarti dari shalat magrib 4 berarti shalat dhuhur, ashar dan isya  dan 2 di gambarkan pada pada angka 5nya yang berarti Sholat subuh, selain itu di angka lima ini di karena 2 ini terdapat pada angka 5 diartikan menjadi 2 kalimat syahadat sebagai rukun islam pertama yang berarti menggambarkan rukun islam.

Kesimpulan

Kesimpulan dari motif ini merupakan sebuah pengharapan dari si pembuat bagi si pemakai batik ini menjadi orang yang selalu rendah hati dan selalu menjadi orang yang berguna tidak merugikan orang sekitarnya dimana pun ia berada. Jika motif ini di pakai untuk pasangan suami istri di harapkan kelak hidupnya sejahtera yang dimana kelak dapat memupuk kasih sayang,dan jika diantara keduanya, bila dikemudian hari keduanya mendapat rejeki berlebih, hendaknya selalu ingat untuk berbagi dengan keluarga atau handai taulan yang kurang mampu. Sehingga ia bisa membuat kerukunan antara manusia, dan sebagai pengingat kepada Tuhan yang Maha Esa. Dan selalu ingat sholat seperti yang ada di rukun islam.

Source Batik Sukabumi Motif Daun Sirih “Ngeuyeuk Seureuh” Batik Sukabumi
Comments
Loading...