Batik Sukabumi Motif Biji Pala dan Wijayakusuma

0 379

Motif Biji Pala dan Wijayakusuma

Motif Pala diambil dari sejarah dimana pada zaman dahulu harga biji pala dan fuli pala bisa lebih mahal dari emas, pada saat itu tanaman yang bernilai tinggi adalah tanaman yang berkarakteristik sebagai rempah. Biji dan fuli ini sesuai dengan nilai komoditas saat itu ketika rempah biji dan fuli pala menjadi emas bagi seluruh orang.

Kata “Pahlawan” diambil dari bahasa sansekerta yang berasal dari “Phala-Wan” yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah “Phala” yang berkualitas bagi bangsa, negara dan agama, juga yang menonjolkan karena keberanian dan pengorbanannya. Sedangkan Wijayakusumah adalah lembang penerang dalam kegelapan atau teladan kebaikan dan kejujuran di dunia yang penuh dengan kejahatan, kata Wijaya berasa dari kata Widya yang berarti pengetahuan, pengetahuanlah yang menjadikan manusia bisa menerangi duanianya dan membuat lebih baik. Filosofi Motif Biji Pala dan Wijayakusuma adalah seseorang harus menjadi orang yang berharga dan penerang dalam hal yang baik bagi diri sendiri ataupun orang lain. Terangilah oleh ilmu dan dihargai oleh ilmu pengetahuan.

Terciptanya batik Sukabumi  awalnya pemerintah mewajibkan setiap kota memiliki batik ciri khas masing-masing agar setiap kota tidak tergantung kepada kota yang telah memiliki batik lebih dahulu, lalu diresmikanlah batik sukabumi pada Jumat 26 Desember 2008. Fonna Melania sebagai pengrajin batik mengatakan telah diresmikannya batik Sukabumi para pengrajin batik masih tergantung tempat batik luar kota dimana saat itu pembuatan batik Sukabumi dilakukan di Pekalonganitu pun bukan batik tulis atau tulismelainkan batik printing.

 

Source Batik Sukabumi Motif Biji Pala dan Wijayakusuma Filosofi
Comments
Loading...