infobatik.id

Batik Sudah Mendunia Pemasaran Masih Jadi Kendala

0 21

Batik Sudah Mendunia Pemasaran Masih Jadi Kendala

Batik merupakan sebuah seni yang sudah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu dan sekarang memang telah jadi warisan budaya dunia. Tetapi bagi banyak perajin batik, tidak mudah untuk memasarkan hasil karya batik yang sudah dibuat. Misalnya saja bagi para pengusaha batik dengan skala kecil di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Selama ini, para perajin Batik yang ada di Kabupaten Grobogan mengembangkan batik tulis dengan motif utama tanaman pertanian seperti jagung, padi, dan cabai. Selembar batik tulis katun kualitas prima bisa diperoleh dengan harga Rp. 120 ribu. Harga ini tergolong masih sangat murah, tapi usaha para perajin batik ini ternyata tidak juga berkembang.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang perajin, Sri Ningsih, usaha batiknya selama ini terkendala oleh masalah pemasaran. Maka, dengan momentum Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Sri berharap batik hasil karyanya bisa lebih berkembang, khususnya dalam hal meluaskan pemasaran untuk produk batik dari Kabupaten Grobogan.

Source http://www.liputan6.com/ http://news.liputan6.com/read/441524/batik-sudah-mendunia-pemasaran-masih-jadi-kendala
Comments
Loading...