Motif Batik Sudagaran

0 603

Batik Sudagaran

Lingkungan Keraton terdapat sebuah aturan dimana untuk pemakaian batik termasuk motifnya, sehingga ada yang disebut Batik Larangan. Batik ini hanya boleh dikenakan oleh raja atau para pejabat tertentu terkait dengan makna yang wajib diemban pemakainya. Karena ada larangan itu telah menumbuhkan kreativitas atau kreasi baru dengan memodifikasi motif baik dalam susunan dan tambahan ornamen. Di samping itu juga kreatif dalam memberi isen-isen sampai variasi warna, sehingga masyarakat umum bisa memakainya. Batik modifikasi dan inovasi yang dikerjakan para pengusaha (sudagar) batik ini kemudian dikenal dengan Batik Sudagaran.

batik saudagaran

Batik Sudagaran merupakan motif larangan dari kalangan Keraton, yang membuat seniman dari kaum sudagar untuk menciptakan motif baru yang sesuai selera masyarakat sudagar. Mereka juga mengubah motif larangan sehingga motif tersebut dapat dipakai masyarakat umum dan tidak memandang kasta. Meski terjadi pengembangan namun batik yang dikerjakan para sudagar ini tidak keluar dari pakem. Berkembangnya Batik Sudagaran ini diberengi dengan cara pembuatannya, yaitu menggunakan canting cap agar bisa memenuhi pesanan masyarakat yang makin meningkat dengan harga yang terjangkau, karena relatif murah dan proses pengerjaannya relatif lebih cepat.

Sejarah batik Sudagaran juga perlu diketahui sebagai bagian dari perjalanan batik dari masa lalu, kini dan masa depan. Dari berbagai sumber Batik Sudagaran Yogya dimulai sejak abad ke-19 atau sekitar tahun 1850-an. Pada awalnya batik ini berkembang sendiri-sendiri dan akhirnya tahun 1939 didirikan Koperasi Persatuan Perusahaan Bati Bumi Putera (PPBBP). Desain batik Sudagaran umumnya terkesan berani dalam pemilihan bentuk, stilisasi atas benda-benda alam atau satwa, maupun kombinasi warna yang didominasi warna soga dan biru tua. Batik Sudagaran menyajikan kualitas dalam proses pengerjaan serta kerumitan dalam menyajikan ragam hias yang baru. Pencipta Batik Sudagaran mengubah batik keraton dengan isen-isen yang rumit dan mengisinya dengan cecek (bintik) sehingga tercipta batik yang amat indah dan disukai banyak semua kalangan. Motif batik sudagaran ini memiliki keunikan tersendiri dibanding motif lain karena di dalamnya terkandung makna kearifan budaya pada waktu dibuat.

Source Batik Sudagaran Batik
Comments
Loading...