Batik Subama Mengangkat Aneka Motif Khas Cilacap

0 82

Batik Subama Mengangkat Aneka Motif Khas Cilacap

Batik sekarang ini sudah banyak pilihan dan bagi masyarakat pecinta batik semakin mudah mendapatkannya. Dan yang membanggakan lagi kini kabupaten Cilacap sudah memiliki aneka motif khas lokal. Harganya pun relatif murah dengan aneka teknik pembuatan. Mulai  dari Batik Tulis, Batik Cap, Batik Kombinasi. Meski saat ini batik juga bisa diproduksi dengan mesin printing  atau batik cetak, namun ia tetap menggunakan teknik sablon. Dengan cara manual sablon saja dalam satu hari bisa membuat 500 meter. Munir yang tinggal di Desa Bajing Kecamatan Kroya kabupaten Cilacap sejak tahun 2004 ini bermula memasarkan produk Batik Pekalongan. Dalam perkembangannya ia berinisiatif untuk membuat motif dengan mengangkat indentitas lokal.

Diantaranya membuat Motif Ngasem, Srandil, Kembang Wijaya Kusuma, Tumbuhan Mangrove, Aneka sayuran seperti Bayam Pete, Kobis, dan Biota laut. Ia juga mengangkat tentang obyek Pulau Nusakambangan dengan berbagai tumbuhan dan habitatnya. Munir  juga ingin memberikan sumbangsih kepada masyarakat Cilacap dengan menularkan ketrampilannya di bidang karya seni batik. Ia banyak diminta sebagai pelatih batik di sejumlah sekolahan dan anggota PKK.

Dari peserta latihan itu diantaranya kini membantu sebagai pembatik di rumahnya sekaligus tempat produksi dan outletnya. Mereka dibagi tugas yakni ada yang mendesain dan membatik. Outlet yang dilaunching tahun 2013 itu dengan lebel ‘ Subama Batik Cilacap Subama.’ ini setiap hari tak pernah sepi dari aktifitas membatik. Bahkan di sini juga sering dikunjungi sebagai tempat praktek dan  KKN mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

Batik Cilacap Subama bukan sebatas menerima pesanan kain batik dengan aneka motif. Di sini juga melayani pesanan pakaian jadi baik pria maupun wanita dengan aneka model, seragam sekolah, kantor, perusahaan, seragam hajatan  dan lainnya dengan jumlah banyak.

Source http://www.selarasindo.com/ http://www.selarasindo.com/?p=5613
Comments
Loading...