Batik Storjoan Di Sidoarjo

0 32

Batik Storjoan

Menurut Lintu Tulistyantoro yang tekun mendalami batik, seni Sidoarjo pada dasarnya memang dapat dijadikan sarana pengembangan ekonomi kreatif. Hal itu juga sudah tampak dari adanya seni batik khas Sidoarjo. Di awal abad ke-20, terjadi tren besar-besaran tentang batik Storjoan. Batik Storjoan adalah batik Sidoarjo untuk konsumsi masyarakat Madura.

Jenis batik itu jarang ditemui dan dipakai masyarakat Sidoarjo. Namun, jenis batik ini banyak dijumpai di seputar pantai selatan dan barat Pulau Madura. Batik ini masih sampai sekarang masih diproduksi dan menjadi simbol status ekonomi seseorang. Sampai sekarang, perajin batik di Sidoarjo tetap dicari. Motif dan warnanya yang khas membuat batik Sidoarjo menjadi unik.

Tak hanya tentang batiknya, Sidoarjo yang dulunya merupakan bandar pelabuhan yang ramai, juga membuka peluang budaya lain yang masuk. Hal itu membuat seni budayanya berkembang.

Contoh seni lainnya yang tak kalah penting adalah seni tari. Sidoarjo memiliki ikon seni budaya dengan Remo Munali Fatah, Cokronegoro, Reog Cemundi, dan seni pertunjukan wayangnya, yaitu Wayang Porong.

Tak berhenti di situ, ada juga potensi heritage Sidoarjo dengan candi-candinya yang bila itu dikembangkan berarti dapat membuat industri kreatif di Sidoarjo semakin berkembang. Itu semua tentu merupakan sebuah peluang besar demi kemajuan seni budaya di Sidoarjo.

Sinergi dari berbagai kalangan diharapkan dengan memaksimalkan pula peran pemerintah yang memiliki tugas dan kewajiban untuk pemajuan kebudayaan.

Source http://surabaya.tribunnews.com/ http://surabaya.tribunnews.com/2018/02/26/hanya-orang-pilihan-yang-memakai-batik-storjoan
Comments
Loading...