Batik Sragen Jadi Daya Saing di MEA

0 150

Batik Sragen Jadi Daya Saing di MEA

Saat Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo mengunjungi Industri Kecil dean Menengah (IKM) Batik Pinggir Kali Dewi Arum di Desa Kliwonan sempat memuji perkembangan industri batik di Sragen. Menurutnya Industri Batik di Sragen mengalami perkembangan inovasi yang pesat dibanding daerah lain di Jawa Tengah. Terutama dalam hal penggunaan pewarna alam. Seperti Batik Sogan, yang memanfaatkan kayu jambal, tengger dan tingi sehingga menghasilkan batik yang mempunyai kekhasan yang tinggi nilainya. “Saya tertarik dengan pertumbuhan batik di Sragen. Sukoharjo juga menarik, tapi Sragen inovatif dan pewarnaan-pewarnaan alamnya muncul,” kata Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP.

Perkembangan batik yang semakin pesat baik dari segi model dan coraknya, perlu ditingkatkan menjadi industri berskala besar. Batik merupakan salah satu daya saing dalam mengarungi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Desember nanti. Sehingga Industri Kecil Menengah (IKM) harus terus dibina dan diberikan bantuan modal.

Batik ini salah satu bagian yang menjadi daya saing kita. Sragen punya kekhasan sendiri. Nah inilah yang kemudian kita dorong, kita angkat agar orang kemudian bisa mengerti, mengenal, menggunakan karya anak bangsa. Bentuk pembinaan, imbuhnya, antara lain dengan memunculkan kembali desain-desain zaman dahulu agar tidak punah. Sementara, inovasi yang baru tetap dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar.

Source http://umkmsragen.com/ http://umkmsragen.com/batik-sragen-jadi-daya-saing-di-mea/
Comments
Loading...