Batik Spesial Motif Garuda di Indonesia Open 2018

0 57

Indonesia Open terus berusaha mempertahankan gelar prestise sebagai turnamen BWF Super Series terbaik sepanjang tahunnya. Sama seperti biasanya, satu yang berbeda adalah seragam wasit di lapangan. Untuk memberi corak khas, penyelenggara memberikan batik motif Garuda kepada umpire dan service judge.

Di babak semifinal yang berlangsung Sabtu (7/7/2018), kedua ofisial pertandingan itu memakai seragam batik berwarna merah dengan corak Garuda. Hari ini, Minggu (8/7), di partai pamungkas, keduanya akan mengenakan batik berwarna biru.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Open 2018, Achmad Budiharto, inovasi seragam batik bagi wasit sendiri pertama kali diterapkan pada Indonesia Open pada Juni 2014. Meski awalnya sulit mendapat izin, pada akhirnya hingga kini batik bagi wasit menjadi ciri khas turnamen di Tanah Air.

Di awal sempat dipertanyakan, tapi PBSI bisa meyakinkan BWF bahwa itu nilai tambah yang kami sampaikan untuk mendukung sebagai bentuk penghargaan bagi para wasit sekaligus memberi gambaran budaya Indonesia. Selain menyediakan seragam batik, penyelenggara juga selalu memperhatikan detail yang ada. Misalnya, bahan yang digunakan harus katun yang enak dipakai, dingin, dan disukai warga asing. Desain pun tidak terlalu unik tetapi tetap mencirikan nilai Indonesia. Tahun ini motifnya adalah burung Garuda.

Source https://kumparan.com/@kumparansport/batik-spesial-motif-garuda-di-indonesia-open-2018-27431110790541030 kumparan.com
Comments
Loading...