Batik Solo : Wirasat, Ada 4 Unsur Motif yang Beda

0 56

Ada 4 unsur motif yang berbeda yang terdapat di dalam bingkai geometrisnya yang berbentuk semi belah ketupat dengan hiasan ukel di setiap empat sudutnya. Di dalam belah ketupat tersebut ada motif truntum, unsur motif sidomukti, unsur motif kawung, dan unsur cecekan.  Jadi di dalam satu motif batik Wirasat terdapat 4 motif yang tergabung menjadi satu. Sehingga selain memiliki motif yang geometris, di dalam motifnya masih terdapat motif, istimewa. Beralih ke warnanya, pengaruh sogan solo begitu kental di dalam motif batik ini, meskipun begitu, ada warna bledak di salah satu unsurnya.

Warna sogan yang cerah namun tetap sejuk untuk dilihat menjadikan batik ini seperti sebuah batik klasik yang lengkap. Sesuai namanya, wirasat berarti lambang atau simbol. Dan juga sebuah pengharapan sesuai motif di dalamnya, gabungan dari motif itu mengharapkan agar keluargaa dapat hidup dengan rukun dan adil.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/03/batik-tulis-desa-girilayu-filosofi-dari-segala-kebaikan-hidup-di-dalam-motif-batik-wirasat
Comments
Loading...