Batik Solo : Pemimpin di Batik Mahkota Giritunggal

0 42

Karakter pemimpin yang dilukiskan dalam motif batik Mahkota Giritunggal. Membuat batik tulis masih cenderung mudah untuk dipahami dan kemudian direalisasikan. Namun ketika kita berusaha mencari filosofi untuk batik tulis itu, menjadi sebuah kesulitan tersendiri, karena selebihnya filosofi itu sendiri adalah doa untuk para pemakai batik. Disini kita akan membahas Batik Tulis Motif Mahkota Giritunggal. Selain membahas fisiknya kita juga akan membahas apa sih makna yang ingin disampaikan oleh pembatiknya.

Batik berukuran 2,5 x 1,1 meter ini memiliki kekhasan warna ala sogan Solo yang memiliki kombinasi cokelat, hitam dan putih krem. Warna sogan yang menunjukkan bahwa batik ini memberikan kesan yang adem dan kalem, tidak terlalu berlebihan dan elegan untuk dipakai. Menuju ke motif utama, yaitu motif lingkaran tidak sempurna yang dihiasi motif padi  dan ornamen bunga melati di bawahnya. Selain itu beberapa cecek ikut menghiasi motif tersebut. Mirip dengan motif babon angrem tetapi karena tidak dipisahkan, jadi lebih seperti lingkaran sempurna.

Source indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/06/27/karakter-pemimpin-yang-dilukiskan-dalam-motif-batik-mahkota-giritunggal
Comments
Loading...