Batik Solo : Motif Batik Samahita Sanjaya, Setia Jaya

0 32

Samahita Sanjaya sendiri memiliki makna yaitu Samahita yang berarti setia pada tujuan hidup, sedangkan Sanjaya berarti diberkahi kejayaan. Kedua nama ini berasal dari bahasa sansekerta. Seperti yang kalian tahu, motif batik ini adalah batik kontemporer, namun tetap menggunakan warna klasik sebagai acuan untuk tidak meninggalkan pakem batik klasik pada umumnya. Kombinasi sogan Solo dan hitam khas warna batik klasik masih melekat kuat dengan karakter batik tersebut. Batik tersebut dibuat oleh maestro batik di Desa Batik Girilayu dan pewarnaan juga oleh salah satu produsen batik yang sudah cukup terkenal di dunia persilatan batik yaitu Mas Yudi.

Batik ini dibuat eksklusif dan berkualitas premium. Belum lagi batik tersebut hanya dibuat satu di dunia ini. Di dalam motif tersebut menggambarkan motif alas-alasan yang identik dengan daun dan bunga kecil yang dihiasi dengan burung cendrawasih. Dipadukan dengan warna gelap membuat batik tersebut terlihat klasik dan elegan. Meskipun termasuk batik kontemporer batik tersebut lebih memiliki kesan klasik dalam motifnya. Tidak menghilangkan pakem dan ketelitian dalam motifnya. Batik dengan karakter Solo ini memberikan warna sogan yang tidak cerah namun tetap terlihat dominan.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/04/29/prajnaparamita-indonesian-batik-mengenal-motif-batik-samahita-sanjaya
Comments
Loading...