Batik Solo : Motif Alas-Alasan yang Bertema Klasik

0 27

Batik tulis motif alas-alasan ini merupakan batik kontemporer. Hanya saja warna dan corak sogan tetap mengikuti warna klasik yang sudah turun-temurun diwariskan kepada para pembatik. Banyaknya motif kontemporer ini akibat dari sulitnya untuk membuat motif-motif klasik yang penuh dengan pakem dan aturan tidak tertulis yang harus diikuti. Selain itu membuat motif klasik tidak bisa hanya dalam hitungan hari, bisa jadi lebih dari sebulan untuk membuat motif klasik batik tulis.

Oleh karena itu, batik motif kontemporer menjadi semakin diminati karena berkaitan dengan waktu pembuatan dan kemudahan untuk membuat motif-motif batik kontemporer, salah satunya adalah motif alas-alasan tersebut. Motif alas-alasan berarti menceritakan suasana alas atau secara harafiah berari hutan, dan tentu saja di dalamnya banyak sekali motif daun, bunga dan hewan-hewan hutan yang dibingkai dalam satu motif batik tulis.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/10/20/batik-tulis-desa-girilayu-motif-alas-alasan-bertema-klasik-yang-semakin-populer
Comments
Loading...