Batik Solo : Memprediksi Masa Depan Batik Girilayu

0 40

Sebuah hasil kebudayaan apabila dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya, maka kebudayaan itu akan tetap ada dan tetap lestari. Sama seperti batik tulis, meskipun banyak model seperti batik cap dan batik printing, namun minat terhadap batik tulis masih sangat tinggi dan memiliki peluang yang baik untuk terus berkembang. Oleh karena itu kita akan mencoba memprediksi perspektif masa depan batik tulis di Desa Girilayu, Kabupaten Karanganyar. Potensi kabupaten Karanganyar sebagai salah satu kota yang memiliki destinasi wisata yang menarik di Jawa Tengah memang menjadi keunggulan tersendiri.

Ditambah lagi berbagai aktivitas kebudayaan yang juga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke kota di Timur kota Surakarta ini. Desa Girilayu, sebagai salah satu tempat para pembatik dan pengrajin batik berkreasi melukis kain mori dengan cantingnya. Dengan tujuan untuk melestarikan batik tulis sekaligus meningkatkan pendapatan warga yang menggantungkan hidup kepada hasil karya batik tulisnya. Sebagai Desa Wisata tujuan batik, mungkin masih harus banyak sekali yang perlu dibenahi, seperti pengadaan event dan berbagai pameran yang masih hanya bisa dinikmati oleh beberapa orang saja. Dan sepertinya belum benar-benar mampu untuk lebih jauh memasuki kehidupan para pembatik di Desa Girilayu yang tidak sedikit. Memang banyak sekali pengrajin dan para pelaku usaha tentang batik, namun mungkin belum sampai.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/07/25/memprediksi-perspektif-masa-depan-batik-tulis-di-desa-girilayu-karanganyar
Comments
Loading...