Batik Solo : HUT RI ke-73 Meriah Pakai Jarik Batik

0 28

Di salah satu dusun di Desa Girilayu, yaitu Dusun Wetankali. Para pemuda menggandeng ide untuk mengembalikan zaman now kembali ke zaman old dengan mengadakan lomba memakai jarik batik, menggendong “tenggok” plus membawa “tampah” di atas kepalanya. Tampah itu sejenis nampan berbentuk bulat yang biasa digunakan untuk “napeni” atau istilahnya nampan untuk memilah antara beras dan sisa kulit “gabah” yang sudah melewati mesin “selep”. Nah loh, pusing kan banyak kosakata bahasa Jawa yang belom dimengerti.

Para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna Mulya Taruna tersebut, menggunakan kesempatan ini untuk kembali mengingatkan kepada kita semua bahwa kita memiliki kebudayaan yang khas dan unik. Yang sekarang hampir mustahil kita temukan di zaman sekarang ini. Menurut ketua panitia lomba, nantinya mungkin akan lebih diekspose lagi mengenai kenangan zaman dahulu dan apa saja hal unik yang bisa kembali dipromosikan sebagai salah satu budaya asli masyarakat Indonesia. Mungkin juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang menarik untuk kedepannya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/08/13/pecahhhh-meriahnya-para-ibu-berlomba-memeriahkan-hut-ri-ke-73-memakai-jarik-batik
Comments
Loading...