Batik Solo Dan Kultur Hindu-Budha

0 31

Batik Solo Dan Kultur Hindu-Budha

Batik Solo memilki ragam hias yang begitu beragam. Corak-corak yang terdapat di dalamnya merupakan filosofi yang diambil dari pandangan hidup masyarakat. Sehingga jaman dahulu proses pembuatan batik dianggap sebagai kegiatan yang sakral dan mengandung unsur kerohanian.

Batik Solo yang berkembang di lingkungan kraton juga banyak yang mengandung simbol-simbol agama. Hal tersebut tidak lepas dari sejarah masyarakat Jawa yang menganut ajaran Hindu dan Budha. Sebab itulah desain Batik Solo sering dihubungkan dengan kultur Hindu-Budha.

Banyak kita temui motif-motif Batik Solo yang berhubungan dengan kepercayaan Hindu-Budha. Diantaranya simbol Sawat dari mahkota atau kekuasaan tertinggi, simbol Meru dari gunung atau bumi, simbol Naga dari air, simbol Burung dari angin atau dunia bagian atas dan simbol Lidah Api dari api.

Motif-motif keagamaan yang terdapat pada Batik Solo tersebut biasanya digunakan pada saat ritual-ritual kerohanian. Simbol-simbol yang terdapat pada Batik Solo dipercaya masyarakat sebagai sebuah berkah dan harapan. Itulah mengapa jaman dahulu ada aturan khusus yang mengatur penggunaan pakaian saat kegiatan-kegiatan yang diadakan keraton.

Source http://pusatgrosirsolo.com/ http://pusatgrosirsolo.com/artikel-batik/batik-solo-dan-kultur-hindu-budha/
Comments
Loading...