Batik Solo : Batik yang Digunakan dalam Paningsetan

0 39

Dalam kehidupan Jawa zaman dahulu, busana utama yang dipakai adalah batik tulis beserta berbagai kelengkapannya.

Dan ada tiga batik yang bisa menjadi pilihan untuk acara seserahan ini, yaitu 

Batik Truntum
Batik tulis ini melambangkan kehidupan cinta yang terus tumbuh dan terus bersinar. Batik yang bercorak kembang tanjung ini menjadi pengingat bahwa hanya ada dua model kehidupan yang kita jalani yaitu “padhang” dan “peteng”, terang dan gelap. Filosofinya yaitu agar nantinya kedua mempelai mampu melewati gelap dan terangnya kehidupan bersama-sama dan mampu saling menerangi di dalam kegelapan maupun kesulitan.

Batik Satria Manah
Sebenarnya batik ini tidak diberikan keada calon mempelai wanita, karena batik ini dipakai oleh mempelai laki-laki sebagai simbol bahwa dia akan memanah hati calon istrinya. Seperti arjuna yang memanah hari Supraba.

Batik Motif Semen Rante
Nah kalau yang ini dipakai oleh mempelai perempuan, sebagai lambang bahwa sang perempuan telah sanggup dan mau untuk diikat dalam sebuah ikatan perkawinan. Biasanya pada malam midodareni, perempuan akan terlihat lebih cantik dan lebih anggun dengan memakai batik ini.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/08/25/batik-batik-yang-biasa-digunakan-dalam-acara-paningsetan-pernikahan-jawa
Comments
Loading...