Batik Solo : Batik Tulis Tirta Intanpari, Karanganyar

0 31

Motif batik tirta intanpari ini menjadi pemicu para pengrajin batik untuk paling tidak memiliki sebuah konsep bagaimana batiknya mampu memiliki kualitas yang baik dan motif yang menarik. Sekarang let’s go kita mendalami motif batik Tirta Intanpari tersebut. sebenarnya motif ini tidak terlalu rumit dalam pembuatannya, namun dari segi kreatifitas dan ide, sangat pantas apabila motif ini menjadi lomba sayembara. Muhammad Qomar, pencipta karya Tirta Intanpari ini, merupakan salah seorang peserta sayembara yang berhasil menggabungkan desain batik konvensional dengan corak pesanan juri, yakni Candi Cetho dan Gunung Lawu.

Pria asal Sroyo, Jaten ini juga berimprovisasi menyematkan corak burung derkuku dan air terjun di bidang kain berwarna dasar hijau. Selain dirinya, dewan juri menetapkan Tri Wulandari asal Sleman DIY dan Dina Sri Pratiwi asal Jaten Karanganyar, masing-masing sebagai juara II dan III. Diceritakan Qomar, Tirta Intanpari diciptakan usai dirinya memperoleh bahan gambar dari sejumlah referensi. 

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/07/21/menanti-suksesor-batik-tulis-motif-tirta-intanpari-batik-tulis-asli-karanganyar
Comments
Loading...