Batik Solo : Batik Tulis Motif Merak Sinanding Solo

0 167

Tidak ada yang menyangka bahwa batik memiliki peran besar untuk membawa kejayaan budaya Indonesia di mata dunia. Tidak hanya megahnya Candi Borobudur dan Pulau Dewata Bali, batik juga menjadi salah satu aset budaya bangsa Indonesia. Keindahan batik tradisional bergaya klasik semakin menguatkan kesan Nusantara yang indah. seperti yang akan kita bahas ini, Batik Tulis Motif Merak Sinanding, Solo.

Etimologi

Motif Batik Merak Sinanding begitu lekat dengan batik Banyumas, salah satu kota yang menghasilkan batik klasik dengan detail dan motif yang indah. Salah satu yang terkenal adalah motif Merak Sinanding, Motif yang menggambarkan keindahan burung merak ini menjadi sebuah inspirasi bagi pembatik klasik untuk mengembangkan motif tersebut. Nama motif ini dapat diartikan sebagai bersandingnya burung merak ke dalam gugusan motif-motif batik klasik bergaya  Solo. Dalam batik, keindahan adalah salah satu kata kunci yang harus ada dalam seni batiknya.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2019/01/09/batik-tulis-motif-merak-sinanding-solo-keindahan-batik-tradisional-gaya-klasik
Comments
Loading...