Batik Solo : Batik Tulis Motif Ceplok Gondangmanis

0 78

Memiliki motif ceplok yang ditengahnya mirip seperti motif burung dari belakang, dan kemudian di atas unsur burung tersebut ada motif meru atau gunung. Dibingkai segi empat dengan sedikit hiasan sejenis ukel namun tidak serumit itu. Motif khas ceplok ini terus diulang dan memiliki latar truntum. Latar truntum ini yang seperti menggambarkan bintang yang bertaburan di bawah unsur utama yang disebutkan tadi. Latar truntum ini memberikan sentuhan kemewahan untuk lebih menunjukkan apa unsur utama motif Ceplok Gondangmanis ini.

Seperti diibaratkan burung yang terbang di tengah malam dengan taburan bintang gemintang yang menghiasi langit. Sedangkan nama gondang manis sendiri adalah nama salah satu daerah di Desa Batik Girilayu tempat batik ini dibuat. Dan uniknya, batik tersebut tidak dibuat sarimbit atau berpasangan. Batik ini dibuat limited edition dan hanya satu yang ada di galeri.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/02/batik-tulis-desa-girilayu-mewahnya-konstelasi-bintang-batik-tulis-ceplok-gondangmanis
Comments
Loading...