Batik Solo : Batik Tulis Desa Girilayu Motif Jalak Ireng

0 31

Motif Jalak Ireng ini, meskipun tidak ada motif jalaknya (karena terbang entah kemana) tetapi warna hitam pekatnya langsung mengingatkan dengan warna hitam burung jalak. Batik ini merupakan produk cantingan girilayu yang terkenal dengan ukel dan ceceknya. Motif ini merupakan motif kontemporer dengan hiasan bunga dan variasi motif yang menjadi satu dan tidak ada unsur motif utama yang dominan dalam batik tersebut. Namun unsur bunga, cecek dan ukel yang menjadi ciri khas tersebut mampu dilukis dengan indah dan mampu saling melengkapi satu dengan motif yang lain.

Motif ini dibatik oleh Ibu Kasiyem yang sudah puluhan tahun bergelut dengan dunia batik tulis. Ada juga potongan motif sekar jagad yang juga dilukiskan di dalam bagan bawah batik tulis ini sebagai variasi agar batik ini lebih memiliki karakter yang unik dan elegan di dalam motif-motifnya. Beralih kepada segi pewarnaan, warna hitam menjadi dominan karena memang warna tersebut mampu menunjukkan aura yang elegan dan klasik. Warna hitam tersebut dipadukan dengan warna sogan dan warna putih agar lebih menunjukkan kelasnya.

Makna warna hitam ini selain membangkitkan aura sakral dan elegan juga dapat diartikan sebagai keabadian (batiknya, bukan orangnya). Warna hitam arang juga menunjukkan karakter yang tegas dan teteg dalam pendiriannya. Seni batik memang begitu luar biasa.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/11/07/batik-tulis-desa-girilayu-motif-jalak-ireng-dalam-pesona-warna-hitam-yang-elegan
Comments
Loading...