Batik Solo : Batik-Batik “Sido” Kekasih Keraton, Sidoasih

0 58
Motif Batik Sido asih merupakan salah satu jenis dari batik keraton. Arti nama dari batik sido asih itu sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa yakni kata “sido” dan kata “asih”. kata “Sido” dapat kita diartikan sebagai jadi, terus menerus, dan/atau berkelanjutan. Sedangkan kata ”asih” dapat kita diartikan secara kamus yaitu sayang. Sehingga jika digabungkan maka, batik Sidoasih adalah selembar kain batik tulis yang di gambar sebagai perlambang suatu kehidupan insan manusia yang penuh akan kasih sayang, menentramkan atau bahagia dalam kehidupan di dunia dan akhirat.
Motif-motif batik yang berawalan sido merupakan kategori motif batik yang sering dibuat oleh para pebatik. Makna lain dari motif batik Sido Asih ialah harapan seorang pemberi kain batik kepada penerima agar yang menerima dapat menumbuh-kembangkan rasa saling menyayangi serta mengasihi antar sesama. Di dalam kebudayaan Jawa, motif batik Sidoasih biasa digunakan pada setiap acara pernikahan, dimana kain batik Sido asih dikenakan sebagai busana utama saat malam pengantin. Filosofi yang terkandung yaitu harapan kepada kedua pengantin dalam menjalani kehidupan barunya akan lebih romantis, semakin tumbuh cinta dan kasih sayang.
  • Motif batik Sido asih ada yang berasal dari Keraton kasunanan Surakarta, biasanya dipakai mempelai puteri ketika malam temanten.
  • Motif Batik Sido asih dari keraton Yogyakarta
Source Batik Klasik Jawa Kuno batiksidoasih.blogspot.com/2016/09/batik-sido-asih-dan-penjelasannya.html
Comments
Loading...