Batik Sleman Ditargetkan Jadi Seragam Instansi

0 21

Batik Sleman Ditargetkan Jadi Seragam Instansi

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman akan melaunching batik khas daerah ini. Desain perpaduan desain daun parijotho dan salak ini akan diluncurkan pada 15 Mei mendatang, bertepatan Hari Jadi Kabupaten Sleman. Ketua Dekranasda Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengharapkan setelah launching, batik khas tersebut bisa digunakan oleh masyarakat luas. “Harapan kami bisa digunakan jadi seragam di instansi pemerintahan termasuk sekolah,” katanya.

Keberadaan desain batik itu sebagai ikon Sleman akan dikukuhkan lewat SK Bupati. Untuk melindungi orisinalitas karya, Dekranasda sedang memproses hak kekayaan intelektual (HKI). Motif kombinasi parijotho dan salak sendiri merupakan hasil ide pemenang lomba desain Batik Sleman 2012. Parijotho adalah karya juara umum atas nama Susilo Radi Yunianto, warga Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem. Adapun desain salak merupakan karya Irfaina Rohana Salma, warga Umbulharjo, Yogyakarta.

Kustini menambahkan, untuk mengenalkan Batik Sleman ke kancah nasional, Dekranasda menggandeng Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). Ketua APPMI DIY Lia Mustafa mengaku tertarik mengembangkan batik karena bagian dari tradisi leluhur. Sebagai langkah awal pengenalan, pihaknya akan mengusung batik Sleman dalam ajang pameran di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta, 23 April mendatang. Ada empat desainer yang akan terlibat. Acuan desainnya nanti untuk tren 2015. Motif Batik Sleman cukup potensial untuk dipasarkan sebab memiliki karismatika tersendiri, dan motifnya tergolong unik.

Source https://beritabatik.wordpress.com/ https://beritabatik.wordpress.com/2014/06/06/batik-sleman-ditargetkan-jadi-seragam-instansi/#more-554
Comments
Loading...