Batik Sinuwun Manggar Asem

0 164

Batik Sinuwun Manggar Asem

Motif Batik Semarang yang dibuat sangatlah natural, berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang.

Untuk pembakuan sebuah motif atau corak di Semarang belum direalisasikan layaknya Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan, dan beberapa kota lainnya yang membuat batik dengan peresmian corak yang khas dari masing-masing kota. Ada dua bengkel kerja batik yang terus berkembang dan dianggap mewakili batik kontemporer Semarang. Keduanya, yakni Sanggar Batik Semarang 16 yang berada di Desa Meteseh Kecamatan Tembalang, Semarang. Dan Workshop Batik Sri Asih di RT 03 / RW 09 Plamongansari Semarang. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Sinuwun Manggar Asem.

Pembuatan Batik Sinuwun Manggar Asem masih mengambil bahan dasar huruf hijaiyyah dengan sebaran huruf yang dipadu padan dengan motif bunga jagung, kelapa, dan asem. Pemilihan paduan itu berdasarkan kekayaan flora budidaya yang terdapat di Plamongansari, bengkel Batik Sri Asih. Pada awalnya ini diniatkan sebagai batik santri, namun perkembangannya lebih diminati masyarakat umum. Tapi ciri huruf hijaiyyah tetap mendominasi.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2530125/6-batik-unik-semarangan-dari-huruf-arab-sampai-hewan-imajiner
Comments
Loading...