Batik Sinom Parijotho Salak Banyak Diminati

0 133

Batik Sinom Parijotho Salak Banyak Diminati

Batik Sinom Parijotho Salak Khas dari Kabupaten Sleman sekarang ini makin digemari dan dijadikan sebagai oleh-oleh khas di Kabupaten Sleman.  Motif batik khas Sleman ini secara resmi dilaunching pada tahun lalu (25-4-2014) pada acara Pameran Potensi Daerah dan juga Batik Sinom Parijotho Salak dinobatkan sebagai tren batik 2014. Awal mula muncul Batik Motif Sinom Parijotho Salak berawal pada tahun 2012, ketika itu Kabupaten Sleman mengadakan lomba desain batik, lomba tersebut dimenangkan oleh desain Batik Parijotho karya Susilo Radi Yunianto sedangkan posisi.

Setelah itu Batik Motif Parijotho dikombinasi dengan batik salak dan munculah Batik Sinom Parijotho Salak yang diklam sebagai batik khas Sleman. Parijotho sendiri sebenarnya sebuah nama tanaman yang banyak tumbuh dilereng gunung merapi. Tanaman ini diklam sebagai tanaman asli kabupaten sleman, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat dan memiliki khasiat. Sehingga dalam makna ZBatik Sinom Parijotho Salak, motif Parijotho melambangkan kemakmuran. Sedangkan salak pondoh merupakan tanaman yang asli dari Kabupaten Sleman.

Batik Sinom Parijotho Salak memiliki motif utama yang terdiri dari elemen tangkai, daun, bunga parijotho, daun salak dan bunga salak. Elemen tanaman parijotho dibuat diagonal dan di sela-sela diisi dengan motif salak pondoh baik buah maupun daun. Sedangkan latar belakang berisi diisi cecek yakni titik-titik kecil yang tersebar merata.

Source http://bahankain.com/ http://bahankain.com/2015/06/12/batik-sinom-parijotho-salak-khas-kabupaten-sleman/
Comments
Loading...