Batik Singosari Malang

0 308

Batik Singosari Malang

Batik Singosari selama ini masih kurang dikenal. Kalaupun banyak dibeli, hanya terbatas oleh masyarakat lokal. Itu pun harganya masih sangat murah, yakni dipatok Rp 70.000 – Rp 150.000 untuk panjang batik lebih dari 2,25 meter. Dipilihnya nama Singosari karena merupakan kerajaan terbesar dan dari Kendedes, istri Raja Singosari, Ken Arok, didapat banyak inspirasi sebagai Motif Batik Singosari.

Ada empat Motif Batik Singosari yang diangkat dan dipopulerkan, yakni Motif Pending, Renggo, Parijoto dan Padma. Setiap motif memiliki kekhasan dan arti. Motif Parijoto merupakan gambar ukel dalam mahkota Kendedes. Filosofinya adalah ibarat pakis yang masih muda, bersifat keras dan tergulung. Namun, makin lama akan terbuka dengan sendirinya. Kemudian Motif Renggo yaitu hiasan kendedes yang mempunyai filosofi keindahan atau seni. Motif ini diambil dari hiasan di selendang Kendedes yang memiliki sayap berjumlah sembilan. Maknanya, antara lain, hidup manusia ada yang menghidupkan, yaitu Tuhan. Sedangkan Motif Pending merupakan kunci sabuk Kendedes. Filosofinya adalah tiga generasi yaitu mbah, anak dan cucu yang bisa diartikan kebersamaan dalam keluarga. Ini menjadi pelajaran bagi generasi sekarang. Sedangkan Motif Padma mengandung lima sifat yaitu senyum, salam, sapa, sumeh dan sabar.

Jumlah pembatik dalam Paguyuban Pembatik Ikat Bulan Sari mencapai 40 orang. Untuk itu, instansi terkait seperti Disperindag dan Pasar serta Bappekab Malang, Pemprov Jatim dan Pemkab Malang juga diharapkan membantu mengembangkannya.

Source http://surabaya.tribunnews.com/ http://surabaya.tribunnews.com/2010/12/02/bikin-batik-singosari-angkat-kemolekan-kendedes
Comments
Loading...