Batik Sidoluhur Buduran

0 160

Batik Sidoluhur Buduran

Pembuatan Batik Sidoluhur Buduran berawal dari Batik Sidoluhur yang terdapat di Yogyakarta dan Surakarta. Motif utama pada Batik Sidoluhur Buduran adalah stilasi dari tujuh motif besar yang berada pada tingkat yang paling atas yaitu Arupadhatu. Arupadhatu simbol tak berwujud. Ada juga Motif pengisi antara lain :

  • Motif angsa ini distilasi digambar dari samping lengkap dengan bentuk mata, cucuk dan sayap.
  • Kuncup Bunga Kuncup bunga ini digambar dari stilasi kuncup bunga lotus/teratai yang berada di relief Candi Borobudur. Bentuk bunga ini digambar dengan memiliki tiga susun.
  • Motif Stupa ini merupakan stilasi yang berada pada lingkar ke-2 puncak Arupadhatu.
  • Motif Mandala sebenarnya bentuk Candi Borobudur jika dilihat dari atas. Bentuk mandala distilasi digambar hanya tiga susun dan memiliki lingkaran pada bagian tengahnya, kemudian dibagian luar lingkaran terdapat titik-titik mengikuti alur tersebut.

Selain motif utama dan motif pengisi terdapat pula motif tambahan pada batik ini. Motif tambahannya berupa stilasi dari awan yang berada di langit sekitar Candi Borobudur. Motif awan ini terdiri dari enam awan. Pola Batik Sidoluhur Buduran terbentuk dari bidang belah ketupat yang disusun dengan bantuan garis menyilang.

Warna Batik Sidoluhur Buduran

Warna yang diterapkan terdiri dari warna coklat, putih dan hitam. Warna hitam diretapkan pada warna tujuh induk stupa, pola sidoluhur, awan dan garis penghubung awan. Warna putih diterapkan pada soga atau klowong dan warna coklat diterapkan pada latar batik.

Makna Batik Sidoluhur Buduran

Makna dari Sidoluhur Buduran dijabarkan sebagai berikut:

  • Tujuh induk stupa: Pithulungan atau pertolongan.
  • Kuncup Bunga lotus memiliki makna tumbuh atau suci.
  • Mandala makna keharmonisasian. Secara keseluruhan Motif Sidoluhur memiliki arti untuk mencapai keseluruhan budi dan jiwa manusia memerlukan harmonisasi dengan lingkungan.
Source Batik Sidoluhur Buduran Batik
Comments
Loading...