Batik Sentani Memiliki Warna Khas

575

Batik Sentani

Batik Sentani berasal dari Sentani Kabupaten Jayapura dan merupakan produk unggulan yang juga menjadi perhatian masyarakat luar daerah maupun luar negeri. Mereka tertarik memakai batik tersebut untuk pakaian kantor, yang dikhususkan setiap hari Jumat memakai batik, bahkan secara formal dan nonformal. Motif batik Sentani memiliki motif dan pewarnaan yang khas. Kreativitas batik Sentani dengan motif yang beragam dan warna alam, menjadi daya tarik masyarakat daerah lain untuk menggunakan dan mencotohnya. Beberapa tamu dari luar daerah dan luar negeri datang ke tempat jual batiknya untuk membeli batik sekaligus belajar membatik.

Salah satu pengrajin bernama Blandina mengatakan produk kerajinan batik bisa menjadi daya tarik, guna menarik masyarakat luar bertandang atau berkunjung ke Papua, sehingga daerah yang dikunjungi itu akan lebih dikenal dan bisa berkembang. Menurut dia, suku-suku penghasil kerajinan yang potensial dikemas menjadi tempat Wisata, salah satunya adalah suku yang menghasilkan batik, yaitu Suku Sentani yang berasal dari Kampung Asei.

Bagi para pengunjung yang datang juga disediakan fasilitas untuk melihat proses pembuatan batik dan berlatih membatik. Menurut dia, untuk pengembangan model dan kreasi batik Sentani, Pemerintah Provinsi Papua, telah memberikan fasilitas berupa modal usaha dan juga bekerja sama dengan pihak pemerintah untuk mempromosikan batik Sentani hingga Jakarta. Blandina berencana pada bulan Juni mendatang akan mengikuti pameran batik Se-Asia yang akan digelar di Singapura.

Source Batik Sentani Memiliki Warna Khas Batik
Comments
Loading...