Batik Sengsem Khas Pakembinangun Sleman Diluncurkan

0 13

Batik Sengsem Khas Pakembinangun Sleman Diluncurkan

Dalam kegiatan Merti Desa, Gelar Budaya dan Potensi tahun 2018, yang mengambil tema Guyub Rukun Migunani, Suranto, Kepala Desa Pakembinangun mengatakan, selain penyerahan pusaka, juga akan ada peluncuran batik Sengsem.

Batik Sengsem ini sudah mempunyai hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM. Ini yang menarik karena batik-batik yang lain belum punya perlindungan hukum. Sengsem itu mempesona, indah, dan menarik. Ornamenya sesuai dengan apa yang diusahakan oleh warga kami. Ada padi, ada embung, ada Gunung Merapi. Orang Jogja harus hidup dari Merapi sebagai pusat kehidupan.

Sedangkan, Eri Trina Eka Setyawati, pembimbing dan pengelola Sanggar Batik Eris 99 mengatakan awal menciptakan batik Sengsem  karena ingin mau mencari ciri khas, keunggulan-keunggulan yang ada di Desa Pakembinangun, misal dari pertanian dan kerajinan.

Eri juga menjelaskan arti dari Sengsem itu, yaitu orang ketika memandang pertama kalinya akan kesengsem langsung jatuh cinta. Ornamennya menggambarkan keunggulan yang ada di Pakembinangun, misal ada embung, kalau pertanian, kita punya cabe, dan petani seladanya juga banyak. Kalau cap kombinasi, sebut Eri satu Minggu, sudah bisa jadi.

Source https://www.bernas.id/ https://www.bernas.id/66425-batik-sengsem-khas-pakembinangun-sleman-diluncurkan.html
Comments
Loading...