Batik Sendang Duwur Motif Patinan

0 191

Batik Sendang Duwur Motif Patinan

Pengrajin batik di Desa Sendang Duwur dapat memaknai motif batik yang menjadi ciri khas batik Sendang Duwur melalui pengalaman yang terjadi pada diri pengrajin dan sesuai dengan lingkungan hidup. Mereka bisa memaknai motif batik Sendang Duwur karena mereka memiliki karakteristik sehingga mereka dapat mengartikan suatu corak yang menentukan makna motif tersebut. Motif Patinan merupakan salah satu dari motif batik Sendang Duwur yang dibuat.

Motif Patinan memiliki lambang tentang keadaan Raden Noer Rahmad dengan segala sifat dan tindak tanduknya. Adapun makna isen-isen yang terdapat pada motif Patinan yaitu:

  • Burung Garuda

Ciri khas pada motif tersebut karena Burung Garuda mempunyai banyak manfaat. Disamping itu juga termasuk burung yang terbangnya tinggi setinggi cita-cita Raden Noer Rahmad dalam mengembangkan ajaran-ajaran agama Islam dan salah satu jenis burung yang terbangnya jauh. Hal ini melambangkan bahwa Raden Noer Rahmad berpandangan yang luas dan jauh ke depan dengan penuh optimis.

  • Buah Delima

Melambangkan pemikiran Raden Noer Rahmad yang sangat cemerlang dan selalu dipikirkan dengan pertimbangan yang cemerlang juga.

  • Bunga Sungsang

Melambangkan Raden Noer Rahmad yang mempunyai ilmu banyak atau penuh tetapi tidak bertambah sombong atau membanggakan dirinya, melainkan bertambah merendah dan melihat yang bawah.

Usaha dilakukan dalam meningkatkan dan mengembangkan Batik Sendang Duwur merupakan suatu usaha yang perlu didukung agar berhasil. Sebab tanpa adanya saling mendukung, harapan untuk berhasil sangat tipis. Hal yang perlu diperhatikan dan perlu untuk dipikirkan secara matang adalah masalah kaderisasi, sebab karya batik merupakan nilai seni yang tinggi dan religius, sangat disayangkan apabila seni batik punah oleh perkembangan zaman.

Source Batik Sendang Duwur Motif Patinan Motif
Comments
Loading...